Amankah Pergi ke Dokter Gigi Saat Pandemi COVID-19 ?

Banyak orang merasa cemas memeriksaan gigi di tengah pandemi COVID-19. Pemeriksaan gigi sebaiknya dilakukan per 6 bulan untuk orang dewasa , namun bagi anak-anak pemeriksaan gigi dilakukan per 3 bulan sekali. Pemeriksaan gigi saat pandemi aman, apabila rumah sakit yang didatangi sudah memenuhi protokol kesehatan. Adapun proses dalam periksa gigi diantaranya apakah dokternya sudah memakai APD lengkap, mengatur janji agar mengurangi pasien yang berlebihan. Tidak semua pemeriksaan bisa dilakukan, hanya pemeriksaan-pemeriksaan khusus/darurat saja seperti perdarahan pada gigi, gusi bengkak, dan nyeri yang begitu hebat dan sudah terlalu lama, kecelakaan hingga gigi patah. Perawatan gigi harus dibatasi atau dengan kondisi tertentu karena tindakan gigi banyak sekali yang mengandung aerosol dan penyebarannya sangat massif. 

Kriteria kunjungan yang dapat ditunda dalam pemeriksaan gigi yaitu apabila anak sakit gigi namun demam jadi sebaiknya harus diredakan dahulu demam nya, gigi goyang, dan perawatan kecantikan gigi. Kriteria dokter dalam memeriksa gigi pasien yaitu kondisi dokter harus sehat dan fit, butuh proteksi lengkap seperti menggunakan APD lengkap untuk merawat pasien agar tidak ada resiko tertular.

Protokol kesehatan yang aman dalam periksa gigi yaitu sebelum para orang tua datang atau berniat untuk mengunjungi klinik gigi terdekat jadi harus dipastikan dahulu apakah klinik tersebut memenuhi syarat protokol kesehatan. Pertama melakukan pemeriksaan gigi dengan perjanjian agar antar pasien diberi jarak, kemudian setelah perjanjian baik pasien atau pengantar harus memakai masker/faceshield, adanya pemeriksaan cek suhu dan ada pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner terkait protokol kesehatan dalam masa covid-19, dan sebelum dilakukan pemeriksaan gigi harus kumur-kumur dengan menggunakan antiseptik selama 30 detik.

Solusi efektif/alternatif yang dapat menunda periksa gigi dalam masa pandemi seperti saat ini yaitu minum obat anti nyeri, pembersian gigi harus baik dan teratur, menjaga makanan, kumur-kumur dengan menggunakan air hangat/air garam.

Tips aman menjaga kesehatan gigi yaitu memperhatikan makan yang bergizi juga mengandung serat, memperhatikan kesehatan gigi dan mulut yaitu jangan selalu makan makanan yang manis, pembersihan gigi yang optimal pada saat pagi dan malam sebelum tidur. Itulah pencegahan-pencegahan yang bisa dilakukan dirumah pada saat pandemi Covid-19.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARIES GIGI

JAMU UNTUK MENGGEMUKKAN BADAN DAN CARA MEMBUATNYA